12-Jan-2016-KWI-R-702x336

PEKAN BIASA I (H)
Santa Hilda; Santo Modestus;
Santo Aelredus; Santo Bernardus dari Corleone

Bacaan I: 1Sam. 1:9-20

Mazmur: 1 Sam. 2:1.4-5.6-7.8abcd; R:1a

Bacaan Injil: Mrk. 1:21b-28

Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: ”Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: ”Diam, keluarlah dari padanya!” Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: ”Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahat pun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.” Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.

Renungan

Doa Hana didengarkan Tuhan. Tuhan berkenan menganugerahkan kepada-Nya seorang putra yang bernama Samuel, yang artinya ”Aku telah memintanya dari Tuhan”. Hana memberikan inspirasi bahwasanya setiap orang yang meminta dari Tuhan dengan ikhlas dan kepasrahan mendapatkan jawaban yang menggembirakan. Bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Yesus tampil mengajar dengan penuh wibawa dan kekuasaan. Roh jahat pun tunduk kepada perintah-Nya. Orang yang kerasukan roh jahat disembuhkan-Nya. Yesus tampil sebagai seorang yang dipenuhi dengan kekuasaan dari Allah—berbeda dengan pengajar lain umumnya. Hal ini mendatangkan daya tarik bagi pendengarnya. Kita tentu bertanya darimana diperoleh semuanya ini? Jawabannya adalah Yesus memperoleh semua kuasa tersebut dari Bapa-Nya di Surga, persatuan yang erat antara Yesus dan Bapak-Nya di surga menghasilkan kekuatan yang dahsyat untuk menghadirkan keselamatan bagi umat manusia.

Ya Allah, berilah aku kekuatan untuk mengusir roh-roh jahat di sekitarku, terutama roh jahat yang tinggal dalam diriku. Amin

Tinggalkan Pesan