27-Nov-KWI-R-702x336

PEKAN  BIASA XXXIV (H)

Santa Perawan Maria Tak Bernoda dari Medali Wasiat; Santo Yakobus dari Persia,

Santo Virgillius; Santo Fransikus–Antonius Fasami

Bacaan I: Dan. 7:2-14

Mazmur: Dan. 3:75.76.77.778.79.80.81

Bacaan Injil: Luk. 21:29-33

Sekali peristiwa Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: ”Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

Renungan

Sering kali orang mengeluh malas untuk memperoleh Sakramen Pengampunan Dosa.  Karena walaupun sudah menerima pengampunan dosa sebanyak apa pun, sering kali dengan begitu mudah kita berdosa kembali.  Jadi, rasanya sakramen itu menjadi percuma saja; seperti mempermainkan Tuhan belaka.

Memang kalau dipikir-pikir begitulah adanya. Namun, pertama-tama, kita harus menyadari bahwa begitu kuat kuasa kejahatan merongrong diri kita. Seolah, mereka tidak ingin kita ini sungguh-sungguh berbalik dan menjadi manusia benar di mata Allah. Iblis tidak rela kalau kita menjadi sekutu Allah. Itulah makna dari penampakan yang dilihat oleh Daniel. Kuasa jahat senantiasa berupaya menghabisi dan melumpuhkan daya hidup ilahi di dalam diri kita.

Namun, kepercayaan kita tidak boleh berhenti di sini. Kita harus lebih percaya bahwa kuasa Allah itu melebihi kuasa si jahat. Tiada kecemasan dan kekuasaan apa pun di muka bumi ini yang tidak tunduk di hadapan Allah.

Ya Tuhan, dengan penuh kesadaran dan kerendahan hati, aku berseru: Tuhan kasihanilah aku, orang berdosa ini, sekarang dan pada waktu aku mati. Amin.

 

Tinggalkan Pesan