23-Nov-KWI-R-702x336 

PEKAN  BIASA XXXIV (H)

Santo Klemens I, Paus Martir; Santo Kolumbanus;

Beato Mikhael Agustinus Pro

Bacaan I: Dan. 1:1-6.8-20

Mazmur: Dan. 3:52-56

Bacaan Injil: Luk. 21:1-4

Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Lalu Ia berkata: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak daripada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.”

Renungan

Daniel, sebagai manusia yang mencintai Allah, memberikan diri sepenuhnya kepada Allah sehingga ia tidak mau menajiskan tubuhnya dengan barang dan makanan yang tidak sepantasnya. Maka Allah mengaruniakan kasih sayang dan hikmat kepadanya.

Dalam bacaan Injil, janda miskin itu memberikan dua peser mata uang. Dua peser itu bukanlah sisa dari penghasilannya melainkan seluruh nafkahnya; seluruh kehidupannya. Dan apa yang dibuat oleh janda itu sangat berkenan di mata Yesus.

Cara berpikir kita sering kali terpecah dan terbagi-bagi. Seolah tiada kaitan antara relasi kita dengan Allah dan relasi dengan sesama. Dengan demikian, kita hanya berpikir bahwa urusan dengan Allah itu hanya di dalam doa dan tata ibadat. Seolah-olah dalam kehidupan dan tanggung jawab kita sehari-hari, Allah tiada urusan di sana. Bacaan hari ini mengajak kita untuk makin menyadari bahwa kesetiaan dan cinta kita dalam menunaikan tugas adalah wujud kasih kita kepada Allah, wujud persembahan dalam keseluruhan hidup.

Ya Allah, buatlah aku menjadi orang yang penuh kasih dan setia dalam menjalankan tanggung jawabku sehari-hari. Dengan demikian, aku selalu hadir di dalam Engkau dan Engkau selalu berada di dalam hatiku. Amin.

 

Tinggalkan Pesan