20-Okt-KWI-R-702x336

PEKAN BIASA XXIX (H)

Santa Maria Bertilla Boscardin; Santa Magdalena dari Nagasaki; Santa Irene dari Portugal, Santa Maria – Theresia Soubiran

Bacaan I: Rm. 5:12.15b.17-19.20b-21

Mazmur: 40:7-10.17; R:8a.9a

Bacaan Injil: Luk. 12:35-38

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.”

Renungan

Banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena ketidaktaatan para pengguna jalan terhadap ketentuan dan peraturan berlalu lintas. Banyak orang-orang terhormat secara ekonomi dan sosial yang menjadi penghuni berbagai jenis lembaga pemasyarakatan karena ketidaktaatan terhadap hukum, aturan, dan berbagai janji/sumpah yang telah diucapkan.

Oleh ketidaktaatan Adam, dosa memasuki, merasuki dan mengubah haluan sejarah umat manusia ke arah kuasa kegelapan dan maut. Namun, oleh ketaatan seorang Adam Baru, yakni Yesus Kristus, manusia boleh ditebus dari dosa dan kematian, diarahkan dan dituntun ke jalan kehidupan baru, yakni jalan keselamatan.

Ketaatan seorang hamba diajarkan Yesus kepada para murid. Agar seorang murid dapat hidup dalam ketaatan pada perintah sang Guru, ia perlu mawas diri dan siap siaga. Hamba yang mawas diri dan siap siagalah yang dapat mendengar perintah tuannya dan segera melaksanakan perintah tersebut. Apakah kita selalu siap sedia mendengar dan mau taat pada perintah sang Guru Ilahi, yakni Yesus Kristus, Hamba yang taat itu?

Ya Bapa, buatlah aku sungguh siap sedia mendengarkan dan melaksanakan apa yang Kaukehendaki. Semoga bersama Yesus yang taat, aku pun dapat turut ambil bagian dalam upaya menyelamatkan dunia ini. Amin.

 

Tinggalkan Pesan