1-Sept-KWI-R-702x336

PEKAN BIASA XXII (H)

Santo Pedro Armengol; Santa Verena;
Santa Ruth; Santa Maria Margareta Redi

Bacaan I: 1Tes. 5:1-6.9-11

Mazmur: 27:1.4.13-14; R:13

Bacaan Injil: Luk. 4:31-37

Sekali peristiwa Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras: ”Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: ”Diam, keluarlah dari padanya!” Dan setan itu pun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: ”Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar.” Dan tersebarlah berita tentang Dia  ke mana-mana di daerah itu.

Renungan

Beberapa tahun belakangan ini, kalau kita mencermati acara-acara di televisi, salah satu acara yang berating tinggi adalah acara yang menampilkan fenomena-fenomena alam gaib di tempat-tempat seram yang memunculkan roh-roh halus atau setan. Di samping itu, ada juga trend di kalangan anak-anak ABG (SMP-SMU) beramai-ramai menonton film horor ke bioskop. Biasanya di sana ditampilkan tokoh-tokoh agama yang dianggap punya kemampuan untuk mengusir roh-roh halus itu.

Dalam injil hari ini kita merenungkan peristiwa dimana Yesus menunjukkan kuasa-Nya. Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: ”Diam, keluarlah dari padanya!” Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya.

Dari sini sebenarnya kita harus meyakini bahwa dengan iman yang kuat kepada Yesus, segala kekuatan jahat akan bisa dikalahkan. Kuncinya adalah  seberapa dalam iman kita. Kepada orang yang lemah imannya, roh jahat akan cenderung terus mengganggu.

Ya Bapa, semoga imanku pada Putra-Mu Yesus Kristus semakin hari semakin kuat sehingga aku bisa mengalami damai dan sejahtera. Amin.

 

Tinggalkan Pesan