Patung Don Bosco

Sekerumunan penjahat di India bagian timur laut merusak patung Santo Yohanes Bosco, imam Italia abad ke-19, yang dikenal dengan panggilan Don Bosco, dan menceburkannya ke dalam Sungai Bharalu, dekat Guwahati, ibukota komersial negara bagian Assam, 7 Agustus 2015.

Pada malam tanggal 6 Agustus, patung itu telah ditempatkan di tepi Sungai Bharulu, yang merupakan anak sungai Brahmaputra, untuk dipamerkan kepada masyarakat pada hari berikutnya, sebagai bagian dari perayaan sedunia ulang tahun ke-200 dari pendiri Serikat Salesian Don Bosco (SDB) itu.

Menurut seorang saksi mata, beberapa jam sebelum perayaan, sekelompok orang yang jumlahnya lebih dari 100 orang mulai melempari batu dan vas bunga ke patung itu dan kemudian melemparkannya ke sungai. Akibatnya, lengan patung itu patah. Pada hari Sabtu, polisi menangkap empat anggota dari cabang lokal partai sayap kanan Hindu di India, Partai Bharatiya Janata (BJP).

Beberapa hari menjelang kejadian itu, Akhil Bharatiya Vidyarthi Parishad (ABVP), sayap mahasiswa dari BJP, memprotes pendirian monumen itu. Pihak lawan dari Don Bosco menuduh pemimpin spiritual Italia itu tidak memberikan sumbangan apa pun bagi masyarakat Assam.

Mereka merasa tak sopan mendirikan patung itu di tempat umum bersama para pemimpin sosial politik dari Assam. Pemerintah partai Kongres negara itu, kata mereka, menyetujui pendirian patung itu untuk menyenangkan presiden partai mereka Sonia Gandhi, seorang kelahiran Italia.

Menteri Utama Negara Bagian itu, Tarun Gogoi, “sangat mengutuk” insiden itu dengan mengatakan, “kita harus mengakui sumbangan yang dibuat oleh Don Bosco di bidang pendidikan dan masyarakat pada umumnya.”

Kejadian itu, lanjutnya, sangat disayangkan dan beberapa elemen bertanggung jawab. “Ketidaksepakatan dan perbedaan pendapat harus dilihat dalam terang yang positif, namun menodai dan kemudian melemparkan [patung itu] ke dalam sungai melukai perasaan beragama kami,” kata umat yang Hindu yang merupakan anggota Kongres Nasional India itu. (pcp berdasarkan Radio Vatikan)

 

Keterangan foto: Patung Don Bosco dirusak dan diceburkan ke dalam sungai. Photo courtesy: nelive.in

 

Tinggalkan Pesan