wyd_feature

Kurang dari 24 jam setelah pendaftaran dibuka untuk Hari Kaum Muda se-Dunia  (WYD) 2016, sudah 45.000 orang mendaftar. Yang pertama mendaftar adalah Paus Fransiskus sendiri. Sebelumnya Paus mengumumkan bahwa tema pertemuan itu akan berkisar seputar kerahiman.

Menurut para pengelola website, sejauh ini ada 250 “kelompok besar” dan 300 relawan yang mendaftar. Hitungan mundur untuk acara ini sudah dimulai dengan semangat besar. Tepat satu tahun lagi, kaum muda akan bertemu di Krakow untuk WYD ke-31 yang akan berlangsung tanggal 26 hingga 31 Juli 2016.

Dua puluh lima tahun setelah dimulai, WYD akan kembali ke Polandia, tanah air dari Paus yang menciptakannya. Meskipun demikian, Paus Wojtyla (Santo Paus Yohanes Paulus II) suka mengatakan bahwa “kaum muda sendirilah menciptakan WYD.”

Pada tahun 1991 di Częstochowa, nafas iman yang kuat itu diumumkan kepada kaum muda dan dari mereka iman itu bertiup ke luar tirai besi. Umat Kristiani yang muda dari Eropa timur dan barat mengalami perjumpaan pertama berskala besar setelah jatuhnya Tembok Berlin. Paus Wojtyla kembali ke tanah airnya untuk WYD yang diikuti lebih dari satu juta orang.

Yubileum kaum muda yang sesungguhnya akan dirayakan pada tingkat global. Paus Fransiskus  mengingatkan hal ini dalam Doa Angelus dan Kardinal Stanisław Rylko, Presiden Dewan Kepausan untuk Kerasulan Awam, juga menggarisbawahi hal itu dalam pesan yang diterbitkan di website dikasteri itu.

Tema WYD adalah “Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.” Tema itu adalah bagian dari tahun suci yang luar biasa (Tahun Yubileum Kerahiman Ilahi), yang akan dimulai tanggal 8 Desember 2015. WYD di Krakow akan mengakhiri serangkaian tema dengan tiga bagian yang didedikasikan untuk Sabda  Bahagia.

Tema WYD di Rio de Janeiro, Barazil, tahun 2014 adalah “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.” Tema WYD ke-30 untuk tingkat keuskupan di tahun ini adalah “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.” (Diterjemahkan oleh pcp dari L’Osservatore Romano)

Bendera WYD 2016 di Polandia

wyd_cross_poland

 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan