Ordinary Council

Vatikan mengumumkan tanggal 26 Mei 2015 bahwa Dewan Biasa Sinode Para Uskup telah menyelesaikan pertemuan dua hari untuk mempersiapkan sinode tentang keluarga yang direncanakan berlangsung bukan Oktober 2015.

Kantor pers Vatikan melaporkan tanggal 25 Mei 2015 bahwa Paus Fransiskus telah memimpin pertemuan itu, seraya mengatakan bahwa kehadirannya “menggarisbawahi hal penting yang dia kaitkan pada langkah Sinode saat ini.”

Sinode tanggal 4-25 Oktober, yang merupakan sidang umum biasa, akan menindaklanjuti sinode yang diselenggarakan tahun lalu, juga tentang tema keluarga. Tema sinode yang akan datang adalah “Panggilan dan misi keluarga dalam Gereja dan dalam dunia kontemporer.”

Minggu lalu, Paus bertemu juga dengan Kardinal Lorenzo Baldisseri dan Uskup Fabio Fabene, yang dalam Sinode Para Uskup bertugas masing-masing sebagai sekretaris jenderal dan wakil sekretaris.

Selama dua hari pertemuan itu, dewan “secara teliti memeriksa rencana” dokumen kerja sinode, instrumentum laboris. Dokumen itu mengkompilasi hasil-hasil sinode tahun lalu, yang digabungkan dengan “banyak sumbangan” yang dikirim dari konferensi-konferensi waligereja dan kelompok-kelompok lain serta individu-individu yang telah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikirim oleh Vatikan atau memberikan komentar-komentar lain.

“Studi ekstensif dan rinci terhadap teks itu telah menghasilkan usulan dan sumbangan penggabungan dan perbaikan,” kata pernyataan kantor pers itu.

Hasil studi itu telah diberikan kepada sekretariat jenderal untuk pengeditan akhir dan terjemahan. Publikasi dokumen itu diharapkan dilakukan dalam beberapa minggu.

Setelah mengerjakan instrumentum laboris, dewan juga mendengar saran tentang cara memperbarui metode kerja untuk sinode. (pcp berdasarkan Zenit.org)

 

Bagikan
Artikel sebelumRabu, 27 Mei 2015
Artikel berikutKamis, 28 Mei 2015

Tinggalkan Pesan