16-Mei-KWI-R-702x336

PEKAN PASKAH  VI (P)

Santo Ubaldus; Santo Yohanes Neponuk; Santo Simon Stock; Santo Andreas Bobola; Santo Yulianus Demoustier; Gemma Galgani

Bacaan I: Kis. 18:23-28

Mazmur: 47:2-3.8-9.10; R:8a

Bacaan Injil: Yoh. 16:23b-28

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya se­gala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

Renungan

Kehadiran Apolos, seorang Yahudi yang fasih berbicara dan menguasai Kitab Suci, sangat membantu penginjilan di Efesus. Meski hanya mengenal baptisan Yohanes, ia berbicara dan mengajar dengan teliti tentang Yesus. Priskila dan Akwila membantu ia mengenal Jalan Allah, sehingga kian mantap melebarkan sayap pelayanannya ke Akhaya. Allah mengutus Apolos, karena Ia tahu bahwa para rasul-Nya membutuhkan tenaga ekstra untuk memberitakan Injil.

Yesus mengajak kita untuk meminta apa yang sungguh kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Allah sudah tahu semua kebutuhan itu. Hal yang paling kita butuhkan adalah agar bisa lebih dekat lagi dengan Allah, kian mengenal kehendak-Nya sehingga bersama Dia kita mampu membangun Kerajaan Allah. Walau tidak selalu persis dengan apa yang kita bayangkan, dan dengan cara yang kita harapkan, tetapi Allah akan selalu mengabulkan doa-doa yang tulus. Berdoa bukanlah cara untuk memberitahukan kebutuhan kita kepada Allah, tetapi untuk menerima kehendak-Nya yang selalu baik bagi kehidupan dan pelayanan kita.

Tuhan Yesus Kristus, berikanlah aku apa-apa yang aku butuhkan untuk menjadi saksi dan utusan-Mu di tengah dunia. Amin.

 

 

Tinggalkan Pesan