12-Mei-KWI-R-702x336

PEKAN PASKAH V (P)
Santo Nereus dan Achilius; Santa Flavia Domitila;
Santo Pankrasius; Santo Germanus; Santo Leopold Mandic

Bacaan I: Kis. 16:22-34;

Mazmur: 138:1-2a.2b-3.7c-8; R:7c

Bacaan Injil: Yoh. 16:5-11

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.”

Renungan

Penyertaan Roh Kudus yang terungkap dalam doa dan nyanyian pujian Paulus dan Silas berbuah mukjizat. Siksaan, penderitaan, dan kurungan penjara tidak dapat memisahkan mereka dari kasih Kristus (bdk. Rm. 8:35). Roh Kudus memampukan mereka untuk mengarahkan dan mempersembahkan hati, budi, jiwa dan raganya kepada Tuhan, seraya memohon rahmat yang dibutuhkan bagi keselamatan sendiri dan sesama. Tuhan pun bertindak menolong kedua hamba-Nya. Kebaikan Tuhan ini mereka teruskan sebagai kesaksian iman yang menghasilkan buah.

Melalui Roh-Nya, Kristus yang bangkit dan naik ke surga selalu tinggal bersama umat-Nya setiap saat dan di setiap tempat, khususnya menyertai karya pewartaan dan pelayanan kasih kita. Roh Kudus datang untuk menguatkan kesaksian umat beriman bahwa Yesus Kristus sungguh datang dari Allah. Ia adalah Firman yang telah mendaging bagi keselamatan dunia. Roh Kudus itu akan membantu kita memahami misteri kematian Kristus yang melepaskan kita dari kutuk dosa dan maut. Kehadiran-Nya harus membantu kita untuk berjuang agar dunia yang menolak percaya kepada Yesus Kristus—dan penolakan itu adalah dasar dosa—menjadi percaya dan diselamatkan oleh-Nya.

Tuhan Yesus Kristus, semoga kehadiran Roh Kudus selalu membantu aku untuk berani meninggalkan dosa, dan berani menjadi saksi-Mu di tengah dunia. Amin.

 

Tinggalkan Pesan