JUBILEE-YEAR-OF-MERCY

Tahun Yubileum Kerahiman mendatang akan menjadi momen rahmat sejati bagi semua umat Kristiani dan menjadi sebuah kebangkitan untuk meneruskan langkah evangelisasi baru dan pembaharuan pastoral yang dinyatakan oleh Paus Fransiskus.

Itulah gambaran yang diberikan oleh presiden Dewan Kepausan untuk Evangelisasi Baru Uskup Agung Salvadore Fisichella dalam konferensi pers di Vatikan, 5 Mei 2015, saat diungkapkan secara mendetail peristiwa-peristiwa utama yang akan berlangsung dalam Tahun Kerahiman itu. Saat itu juga diperlihatkan logo dan moto tahun Yubileum itu.

Tahun Yubileum Kerahiman akan dimulai tanggal 8 Desember 2015, pada Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda, dan akan berlangsung hingga 20 November 2016, Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

Yang pertama dalam sejarah Tahun-Tahun Yubileum dalam Gereja, kata uskup agung itu, tahun Yubileum ini memberikan kesempatan bagi keuskupan-keuskupan di seluruh dunia untuk mengambil bagian dalam peristiwa itu dengan membuka Pintu Suci mereka sendiri, atau Pintu Kerahiman Ilahi, di katedral atau di gereja atau di tempat ziarah yang banyak dikunjungi peziarah.

Dalam konferensi pers di Vatikan itu juga diperlihatkan logo Tahun Yubileum Kerahiman . Logo itu menggambarkan Gembala Baik sedang menggendong jiwa yang hilang, sebagai ringkasan tepat tentang Tahun Yubileum itu.

Demikian juga, moto “Merciful like the Father” (Maharahim seperti Bapa) merupakan ajakan untuk mengikuti contoh kerahiman Allah yang meminta kita untuk tidak menghakimi atau menyalahkan tetapi sebaliknya memberikan kasih dan pengampunan.

Uskup Agung Fischella mengatakan bahwa Tahun Yubileum itu akan diselingi serangkaian peristiwa perayaan di tahun 2016 yang masing-masing memiliki tema sendiri dan diharapkan menarik perhatian sejumlah besar peziarah untuk datang ke Roma.

Di antara perayaan-perayaan itu adalah pertemuan semua orang yang terlibat dalam ziarah yang akan berlangsung dari 19 hingga 21 Januari 2016, pertemuan umat beriman yang menjalani pengalaman kerahiman ilahi pada tanggal 3 April 2016, dan pertemuan bagi kaum muda untuk menyatakan iman mereka, tanggal 24 April 2016.

Kemudian tanggal 12 Juni 2016 akan ada pertemuan bagi orang sakit dan cacat, dan tanggal 6 November 2016 untuk semua tahanan. Tanggal 4 September 2016 menjadi hari untuk para relawan dan orang-orang yang berkarya dalam karya amal kasih, sedangkan 9 Oktober 2016 didedikasikan untuk spiritualitas Maria. Akhirnya, 29 Mei 2016 akan menjadi Hari Yubileum untuk para diakon, 3 Juni 2016 untuk para imam dan 25 September 2016 untuk para katekis. (paul c pati berdasarkan Radio Vatikan)

Uskup Agung Salvatore Fisichella

LogoMisericodia

 

Tinggalkan Pesan