Yoh 14_7-14. (170514)

PEKAN PASKAH IV (P)

Peringatan Wajib: Santo Atanasius Agung; Santo Boris; Santo Sigismund

Bacaan I: Kis. 13:44-52

Mazmur: 98:1.2-3b.3c-4; R:3cd

Bacaan Injil: Yoh. 14:7-14

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Renungan

Tidak sedikit umat beriman ingin melihat Bapa, seperti kerinduan Rasul Filipus. Kerinduan itu terpenuhi dengan mengenal Yesus (bdk. Yoh. 14:9), juga dengan mendalami ajaran-Nya dan mengetahui pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dengan mengatakan itu, Yesus mengajak kita untuk selalu membaca dan merenungkan Kitab Suci. Di dalamnya, kita mengenal Allah dan seluruh karya penyelamatan-Nya yang terpenuhi dalam ‘peristiwa Yesus Kristus’; kita pun bisa mengetahui kehendak-Nya bagi kita melalui Sabda-Nya yang selalu relevan bagi situasi dan kondisi kehidupan masa kini.

Dari Sabda-Nya, kita tahu bahwa Allah selalu mengabulkan setiap doa permohonan dan keinginan kita. Dalam Sabda-Nya, Yesus berkata: Jika ada dua orang di dunia ini sepakat meminta apa pun, akan dikabulkan oleh Bapa (bdk. Mat. 18:19), bahkan setiap permintaan yang disampaikan dalam doa yang penuh kepercayaan pasti dikabulkan Allah (bdk. Mat. 21:22;7:7).

Kita sudah mengenal Yesus Kristus, dan dengan demikian mengenal Bapa. Kita dipanggil untuk melakukan Sabda-Nya sehingga Allah pun selalu menyatakan kebaikan dan cinta-Nya kepada kita.

Tuhan Yesus Kristus, bukalah mata, hati, dan kehendakku untuk merenungkan Sabda-Mu dengan penuh cinta, dan melaksanakannya dengan penuh ketekunan. Amin.

 

Tinggalkan Pesan