IMG_9644

PEKAN PASKAH IV (P)
Santo Marianus dan Yakobus; Santo Pius V, Paus; Santo Yosef-Benedik Cottolengo

Bacaan I: Kis. 13:13-25

Mazmur: 89:2-3.21-22.25.27; R: 2a

Bacaan Injil: Yoh. 13:16-20

Dalam perjamuan malam terakhir Yesus membasuh kaki para murid-Nya. Sudah itu Ia berkata: ”Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi daripada tuannya, atau pun seorang utusan daripada dia yang mengutusnya. Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya. Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.”

Renungan

Seorang murid biasanya akan selalu berusaha meneladani gurunya. Demikian juga para murid Yesus berusaha meneladani apa yang dilakukan-Nya, melaksanakan apa yang diajarkan-Nya.

Dalam perjamuan malam terakhir Yesus membasuh kaki para murid. Jika Yesus yang adalah Guru dan Tuhan melakukan hal itu, maka para murid juga harus melakukan hal yang sama. Mereka harus mau merendahkan diri dan melayani satu sama lain, mau mengingkari diri demi kepentingan sesama.

Ciri utama kepemimpinan Kristiani adalah pelayanan, seperti yang telah diteladankan oleh Yesus sendiri. Semoga kita setia melayani Gereja, persekutuan umat Allah, karena dengan demikian kita telah melayani Allah, yang kita abdi dan kita sembah. Lebih dari itu, kita juga diminta Yesus untuk saling mendukung dalam karya perutusan-Nya, memberi bantuan konkret baik material maupun spiritual  yang memperlancar tugas perutusan para utusan Tuhan, dan menerima mereka sebagaimana kita menerima Yesus yang mengutus mereka.

Tuhan Yesus Kristus, aku setia mengikuti jejak langkah-Mu dan melayani Engkau melalui karya pelayananku setiap hari. Semoga kami saling membantu dalam karya perutusan-Mu demi keselamatan semua orang. Amin.

 

Tinggalkan Pesan