Karcher

Monsignor Guillermo Karcher adalah seorang imam Argentina dan pelayan kepausan yang telah mengenal Paus Fransiskus selama lebih dari 20 tahun. Dialah yang memegang mikrofon saat Paus Fransiskus menyampaikan kata-kata pertama kepada dunia dari balkon Basilika Santo Petrus setelah terpilih.

Dalam wawancara dengan Radio Vatikan dalam rangka pesta nama Jeorge atau Georgius dari Paus Fransiskus, Mgr Karcher menggambarkan Paus sebagai Santo Georgius zaman modern karena “dia adalah pejuang besar melawan kekuatan-kekuatan jahat dan melakukan hal ini dengan semangat Kristen yang sejati.”

Mgr Karcher mengatakan, Paus Fransiskus menunjukkan kekuatan yang sama serta sifat-sifat yang sama ketika dia masih Uskup Agung Buenos Aires. “Di sana dia ia menabur yang baik untuk melawan kejahatan dan dia sangat dicintai umatnya.”

Meskipun popularitas Paus itu begitu besar, Mgr Karcher ditanya apakah Paus Fransiskus marah ketika kritik dilontarkan terhadap dirinya, termasuk dari orang-orang dalam Gereja Katolik sendiri. Mgr Karcher menjawab dengan mengatakan bahwa Paus menanggapi kritik tersebut dengan tertawa dan mengatakan “OK, lebih baik, kita tahu seperti apa orang-orang itu.”

Reaksi ini, kata Mgr Karcher, muncul karena kebebasan batin dan kekuatan interior dari Paus Fransiskus, yang meneruskan pelayanan yang dipercayakan kepadanya demi kebaikan Gereja dan dunia dan dia melakukannya dengan hati yang tenang dan perasaan pasti. Paus juga “memiliki spiritualitas yang kuat dan setiap pagi berdoa dan merenung selama dua jam.”

Ditanya apa salam dan keinginan yang ingin disampaikan kepada Paus pada pesta nama Paus itu, Mgr Karcher mengatakan ia berharap Bapa Suci terus menjadi dirinya sendiri, dengan konsistensi dan transparansi karena “apa yang sedang dia lakukan begitu baik.”

Mgr Karcher berharap agar Santo Georgius melindungi Paus Fransiskus dan Paus itu melanjutkan “pertempuran demi kebaikan, dengan menabur kebaikan yang sudah sedang dia lakukan.” (pcp berdasarkan Radio Vatikan)

Foto menunjukkan Mgr Karcher berdiri memegang mikrofon di samping Paus yang baru terpilih

Tinggalkan Pesan