Kardinal Robert Tucci

Kardinal Roberto Tucci meninggal Selasa tanggal 14 April 2015 malam di Roma. Ulang tahunnya yang ke- 94 sebenarnya akan jatuh tanggal 19 April 2015. Setelah menjabat sebagai Direktur Jenderal Radio Vatikan sejak 1973 hingga 1985, Paus Santo Yohanes Paulus II menjadikannya kardinal tanggal 21 Februari 2001.

Kardinal Tucci juga dikenal sebagai penyelenggara semua kunjungan kepausan dari Paus Yohanes Paulus II, termasuk kunjungan terakhir seorang Paus ke Indonesia, yakni kunjungan Paus Yohanes Paulus II tanggal 9 sampai 13 Oktober 1989.

Kardinal Tucci bergabung dengan Serikat Yesus dan ditahbiskan imam tahun 1950 setelah meraih gelar Doktor Teologi Suci di Universitas Kepausan Gregoriana.

Kardinal itu mengajar selama beberapa tahun di Fakultas Teologi San Luigi di Naples, seraya bertugas  juga sebagai direktur dari sebuah majalah milik Serikat Yesus, Civiltà Cattolica, 1959-1973.

Dalam Konsili Vatikan II, Kardinal Tucci memainkan peran utama dalam dokumen persiapan konsili dan dalam berbagai sesi sebagai Ahli Teologi.

Sumbangan kardinal itu untuk edisi akhir Konstitusi Pastoral Gaudium et Spes juga tak ternilai. (pcp berdasarkan Radio Vatikan)

 

Tinggalkan Pesan