Mercy1

Dalam Perayaan Tobat di Basilika Santo Petrus, Jumat 13 Maret 2015, Paus Fransiskus mengumumkan perayaan Tahun Suci luar biasa yang didedikasikan untuk Belas Kasih. Yubileum Belas Kasih akan dimulai tanggal 8 Desember 2015, Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda, dan berakhir tanggal 20 November 2016, Hari Raya Kristus Raja.

Pengumuman Bapa Suci itu disambut dengan tepuk tangan oleh umat yang hadir di Basilika itu. “Saya mempercayakan pengaturan Tahun Yubileum kepada Dewan Kepausan untuk Pengembangan Evangelisasi Baru, sehingga mereka bisa menjadi laksana langkah baru di jalan Gereja dalam misinya untuk membawa Injil belas kasih bagi setiap orang,” kata Paus seperti dilaporkan oleh wartawan Zenit.org, Junno Arocho Esteves, dari Roma, 13 Maret 2015.

“Saya yakin bahwa seluruh Gereja dapat menemukan dalam Tahun Yubileum ini sukacita untuk menemukan kembali dan untuk membuahkan belas kasih Allah. Dengan belas kasih Allah kita semua dipanggil untuk memberikan penghiburan bagi setiap pria dan wanita saat ini. Kita mempercayakannya kepada Bunda Belas Kasih, agar Dia memandang dan mengawasi jalan kita,” kata Paus.

Menurut Kantor Pers Tahta Suci, Tahun Yubileum Belas Kasih berlangsung pada peringatan ke-50 penutupan Konsili Vatikan II tahun 1965. “Ini sangat penting, karena mendorong Gereja untuk meneruskan karya yang dimulai pada Vatikan II,” demikian sebuah komunike Tahta Suci.

Pengumuman resmi tentang  Tahun Suci itu akan berlangsung pada Hari Minggu Kerahiman Ilahi, 12 April 2015.

Kalau tahun Yubileum biasa dirayakan setiap 25 tahun, tahun Yubileum luar biasa bisa diumumkan kalau ada peristiwa penting. Yubileum biasa terakhir terjadi tahun 2000 sedangkan Yubileum luar biasa diumumkan tahun 1983 oleh Yohanes Paulus II.

Sepanjang masa kepausan Paus Fransiskus, belas kasihan menjadi tema utama yang dekat di hati Paus. Motto episkopal Paus Fransiskus adalah Miserando atque Eligendo (yang hina tapi terpilih) yang merujuk pada tatapan Kristus yang penuh belas kasihan terhadap Santo Matius ketika memilih dia.(pcp berdasarkan Zenit.org)

JUBILEE-YEAR-OF-MERCY

Tinggalkan Pesan