Paus meniup lilin ulang tahun

PEN@ Katolik ikut bersama umat Katolik sedunia mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-78, Paus Fransiskus. Ad Multos Annos!

Hari ini, 17 Desember 2014, seperti biasa pada setiap hari Rabu, Paus Fransiskus melaksanakan Audiensi Umum. Namun dalam audiensi itu Paus tidak berbicara tentang ulang tahunnya. Refleksi Paus dalam audiensi itu adalah tentang pentingnya keluarga yang sederhana.

Meski pun demikian, kerumunan orang di Lapangan Santo Petrus merayakannya dengan cara mereka sendiri serta menyalami Paus. Bahkan, perjalanan Paus Fransiskus di lapangan itu sempat dihentikan oleh oleh sekelompok frater dari Seminari Legio Kristus (Legion of Christ) di Roma. Mereka memberi kue ulang tahun yang lengkap dengan lilin-lilin yang menyala kepada Paus, dan paus diminta meniup lilin-lilin itu.

Ada juga peziarah yang menawarkan mate, minuman tradisional Argentina kepada Bapa Suci, yang lalu meminumnya sedikit. Tampak juga sekelompok pencinta tango menari di Via della Conciliazione, yang mengarah ke Lapangan Santo Petrus, untuk merayakan ulang tahun Paus.

Dalam laporan Radio Vatikan, ada sebuah doa untuk Paus Fransiskus agar Tuhan melindungi dia, memberinya umur panjang, membuatnya terberkati di bumi, dan tidak menyerahkannya kepada kekuatan musuh-musuhnya.(pcp/Radio Vatikan)

Tinggalkan Pesan