Yovita Anike Mitak (1)

Menyongsong peringatan Jubileum Agung Pesta Perak Keuskupan Agung Kupang (KAK), panitia menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain bakti sosial berupa pengobatan gratis di Kapela Santo Fransiskus Soba, Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, bekerja sama dengan Rumah Sakit Carolus Borromeus Kupang.

“Masyarakat di sini harus berjalan cukup jauh untuk memperoleh pelayanan kesehatan milik pemerintah, sehingga kegiatan bakti sosial oleh panitia ini lebih merupakan upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga setempat,” kata Ketua Panitia Jubileum Perak KAK, dokter Yovita Anike Mitak.

Pilihan lokasi bakti sosial di Amarasi Barat tanggal 12 Oktober 2014 itu, jelasnya, karena wilayah itu masih  terbilang sulit dijangkau pelayanan kesehatan akibat letak geografisnya yang agak terpencil.

Hampir 200 orang terutama kalangan orangtua lanjut usia mendatangi kapela itu untuk mendapat pengobatan. Kegiatan yang sama juga akan diadakan di Seminari Menengah Santo Rafael Oepoi, tanggal 18 Oktober 2014.

Sementara dalam keterangannya di Gereja Kristus Raja Kupang, tanggal 13 Oktober 2014, dokter Mitak meminta seluruh umat KAK untuk turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang digelar panitia Jubileum Agung Perak, “karena kegiatan itu dilakukan dari, oleh, dan untuk umat.”

Didampingi oleh pengarah kegiatan yang juga Vikjen KAK Pastor Gerardus Duka Pr dan Kepala Paroki Katedral Kristus Raja Kupang Pastor Ambrosius Ladjar Pr, dokter itu mengatakan bahwa selain pelayanan kesehatan itu dilakukan juga kegiatan keagamaan, hiburan atau seni dan kegiatan sosial.

“Kegiatan-kegiatan tersebut sudah dimulai secara serentak di seluruh paroki sejak 3 Agustus 2014 dan para juara paroki diutus ke lomba di tingkat keuskupan,” jelasnya. Perlombaan meliputi baca kitab suci, kuis kitab suci keluarga, paduan suara anak, lomba lektor dan pemazmur dan mode show. Ada juga pentas seni budaya, seminar, ziarah OMK, dan jalan santai.

Semua kegiatan lomba dan pentas seni dipusatkan di Taman Ziarah Maria Yoseph Oebelo. Puncak peringatan Yubileun Agung Perak, kata dokter itu, “akan dilaksanakan dalam perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, di Taman Ziarah Oebelo, tanggal 22 Oktober 2014.” (Thomas A Sogen)

 

Tinggalkan Pesan