DSC_0281

Mgr Agustinus Agus Pr, yang telah menerima pallium dari Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus, Vatikan, tanggal 29 Juni 2014, dikukuhkan sebagai Uskup Agung Pontianak dalam Misa di Gereja Santo Agustinus, Sungai Raya, Pontianak, tanggal 28 Agustus 2014.

Tanggal 3 Juni 2014 Paus Fransiskus mengangkat Uskup Sintang itu sebagai Uskup Agung Pontianak setelah menerima pengunduran diri Mgr Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap yang sudah berusia 75 tahun.

Dalam Misa yang dipimpin Mgr Bumbun sebagai Uskup Agung Emeritus Pontianak itu, Duta Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi membacakan surat Paus Fransiskus yang menunjuk Mgr Agus sebagai Uskup Agung Pontianak.

Surat itu lalu diberikan kepada Mgr Agus yang kini masih dipercayakan sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Sintang sampai ada uskup baru untuk keuskupan itu. Selanjutnya Mgr Agus menerima tongkat untuk menggembalakan umat di Keuskupan Agung Pontianak.

Tarian Dayak mengantar para uskup dan Duta Vatikan memasuki gereja untuk Misa Pengukuhan Uskup Agung Pontianak yang baru itu. Sebanyak 16 uskup dari berbagai keuskupan di Indonesia menjadi konselebran Misa itu. Sekitar 100 imam dan puluhan suster dari berbagai tarekat dan kongregasi serta sekitar 5000 umat, juga Gubernur Kalimantan Barat Cornelis beserta istri Frederika Cornelis, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot, Bupati Sanggau Paulus Hadi, dan Bupati Sekadau Simon Petrus nampak hadir dalam Misa itu.

Dalam perayaan itu, PEN@ Katolik mencatat dari berbagai sumber bahwa Duta Vatikan untuk Indonesia mengingatkan agar tidak melihat uskup agung yang baru dari latar belakang dan asal usulnya, tetapi melihatnya sebagai “bapa” bagi semua orang, dan agar menjauhi perpecahan, karena perbedaan tidak berlaku dalam Gereja Katolik, semua sama, semua anak Allah Bapa di Surga.

Kepada Uskup Agung Pontianak yang baru, Mgr Bumbun minta agar punya pendirian dan tidak mudah dipengaruhi oleh umat. Selain itu Mgr Bumbun berharap agar jumlah dan mutu pendidikan dan kesehatan di wilayah keuskupan itu dikembangkan.

Dengan perayaan itu, Mgr Agus dikukuhkan Uskup Pontianak ketiga, setelah Mgr Bumbun yang memimpin keuskupan itu sejak 26 Februari 1977 dan Mgr Herculanus Joannes Maria van der Burgt OFMCap yang menjabat sebagai Vikaris Pontianak dan kemudian Uskup Agung Pontianak sejak 13 Juli 1957 hingga wafat 2 Juli 1976.

Mgr Agustinus Agus lahir 22 Oktober 1949, ditahbiskan imam  tanggal 6 Juni 1977, dan terpilih menjadi Uskup Sintang tanggal 29 Oktober 1999. Ia ditahbiskan uskup tanggal 6 Februari 2000 dengan penahbis utama Mgr Julius Kardinal Darmaatmadja SJ, yang didampingi Duta Besar Vatikan untuk Indonesia waktu itu Mgr Renzo Fratini dan Uskup Agung Pontianak Mgr Bumbun.

Keuskupan Agung Pontianak kini memiliki 397.200 umat yang terbagi dalam 26 paroki yang tersebar di dua kotamadya dan tujuh kabupaten di Kalimantan Barat.(pcp)

Mgr Agus Pallium

Tinggalkan Pesan