Ambarawa-20140427-00560

“Bergembiralah meskipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu,” pinta seorang imam pendamping OMK kepada puluhan anggota OMK Keuskupan Agung Semarang, mengutip ayat-ayat dari 1 Petrus 1:3-9.

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang (KAS) Pastor FX Endra Wijayanta Pr memberikan homili pada Perayaan Ekaristi Novena III OMK 2014 yang berlangsung di Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), tanggal 27 April 2014. Novena OMK GMKA KAS berlangsung dari bulan Februari hingga Oktober 2014.

Menurut Pastor Endra, orang yang beriman kuat, orang yang mempunyai kasih kepada Tuhan, orang yang selalu setia kepada Tuhan “kadang-kadang mengalami cobaan yang mendera, agar ketika Anda tetap tegar, ketika Anda tetap yakin kepada Tuhan, ketika Anda tetap merasakan Kerahiman Tuhan, dan Anda lulus akan cobaan-cobaan itu, berkat Tuhan melimpah untuk Anda.”

Juga ditegaskan, kalau Tuhan memberikan janji, Tuhan akan memberikan banyak hal lewat banyak orang yang bisa memberikan berikan bantuan kepada kita, dan berkat-Nya melimpah untuk kita. “Yakinlah itu!” tegas imam itu.

Pastor Endra juga mengajak anak-anak OMK untuk setia pada iman mereka. “Setialah Anda untuk mohon rahmat, berkat dan kerahiman Tuhan, meski kadang kala ada kesulitan hidup yang mendera, ada kepedihan yang menyiksa, ada beban berat yang sungguh menimpa.”

Kesetiaan,  kata imam dari Paroki Santa Theresia Salam, Jawa Tengah, adalah tanda ketika Anda sungguh-sungguh  beriman kepada Tuhan. “Kesetiaan nyata bila Anda tetap setia berdoa kepada Tuhan. Kesetiaan itu nyata dalam Ekaristi ketika kita mohon berkat Tuhan yang nyata.”

Novena III OMK GMKA 2014 dengan tema “With You are Peace” diawali dengan Doa Rosario dengan Peristiwa Mulia. Sesudah Doa Rosario, mereka merayakan Ekaristi yang dilengkapi  sebuah fragmen yang dipentaskan di awal dan akhir Misa, serta Doa Novena.

Menurut keterangan yang diterima PEN@ Indonesia dari salah seorang ketua panitia novena itu, Valencia Maria Prasetyaningtyas, Perayaan Ekaristi itu berjalan dengan pemain fragmen, putra altar, putri sakristi dari SMK Kimia Industri Theresiana, lektor dan lektris, pembaca doa novena, dan pembawa persembahan dari SMK Santo Ignatius, serta pemain Marching Band dan petugas doa umat dari SMP Santo Bellarminus.

Yang menjadi prodiakon dalam Misa itu adalah para bruder CSA dan para suster AK, sedangkan yang menjadi anggota paduan suara dari PD Kasih Yesus, petugas ujud dari OMK Kebondalem, petugas kolektan dan tatib dari Forum Komunikasi Pelajar Katolik Santo Petrus.

Seluruh perayaan hari itu diakhiri dengan  Marching Band dan berbagai lomba, termasuk mencari Telor Paskah yang berhadiah.

Novena OMK GMKA 2014 diawali dengan novena pertama tanggal 23 Februari 2014 dengan tema “Be Better.” Novena kedua, 23 Maret 2014 bertema “Come and Talk to Jesus.” Novena keempat akan dilaksanakan tanggal 25 Mei 2014 dengan tema “You’ll Never Walk Alone.

Setelah novena kelima 22 Juni 2014 bertema “Ekaristi Jaminanku untuk Hidup Allah,” novena keenam 20 Juli 2014 bertema “You are the Good Seed,” novena ketujuh 24 Agustus 2014 bertema “Masa Depan Gereja Ada di Tanganmu,” dan novena kedelapan 28 September 2014 bertema “Rencana Tuhan Bagi OMK,” maka novena diakhiri dengan novena kesembilan 26 Oktober 2014 dengan tema “Cara Kami Mencintai Tuhan Allah Kami dan Sesama Kami.”(paul c pati)

 

Tinggalkan Pesan