Pope-John-Pau-II-and-John-XXIII-Sainthood-Arched-Diptych__00561_zoom

Lebih dari 90 delegasi resmi dari berbagai negara ditambah 24 kepala negara atau kerajaan akan menghadiri Misa kanonisasi pada hari Minggu, 27 April 2014, kata juru bicara Vatikan, Pastor Federico Lombardi, kepada wartawan.

Dalam pembicaraan dengan pers, 24 April 2014 seperti dilaporkan oleh Zenit.org, imam itu mengatakan bahwa beberapa di antara delegasi itu akan juga ikut dalam serangkaian doa malam sebelum peristiwa kanonisasi itu yang akan diadakan di sedikitnya 11 gereja yang terletak di daerah pusat Kota Roma dalam sejumlah bahasa yang berbeda termasuk Inggris.

Pastor Lombardi mengatakan, sebanyak 150 kardinal dan 1000 uskup akan mendampingi atau menjadi konselebran dalam Misa kanonisasi Yohanes XXIII dan Yohanes Paulus II yang dipimpin Paus Fransiskus.

Perwakilan dari agama-agama besar lainnya juga akan menghadiri upacara kanonisasi itu, termasuk banyak pejabat Ortodoks, Anglikan, Yahudi dan Muslim.

Pastor Lombardi mengatakan, dia tidak bisa memastikan apakah Paus Emeritus akan hadir dalam Misa itu. Dikatakan bahwa tentu saja Benediktus XVI telah diundang, tapi terserah kepadanya untuk memutuskan apakah akan datang atau tidak.

Dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) diberitakan bahwa program “Syukur atas Kanonisasi Paus Yohanes XXIII dan Paus Yohanes Paulus II di keuskupan agung itu dimulai dengan pembagian buku kumpulan tulisan singkat para Imam Diosesan KAJ tentang kedua Paus itu kepada semua umat KAJ melalui jejaring sosial, youtube dan pameran.

Upacara kanonisasi akan berlangsung di Vatikan pada hari Minggu Kerahiman Ilahi, 27 April 2014. Namun upaca syukur  di KAJ atas kanonisasi itu akan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tanggal 28 April 2014.

Upacara di TMII akan diawali dengan perarakan dari Gereja Santa Catharina TMII, yang pernah dikunjungi Paus Yohanes Paulus II, menuju Sasono Langen Bodoyo TMII. Di tempat itu akan dirayakan Misa dipimpin Mgr Ignatius Suharyo. (pcp)  

canonization-of-the-popes-john-xxiii-john-paul-ii-100-shillings-cu-au-plated-coin-tanzania-2014

Tinggalkan Pesan