Urbi et Orbi L'Osservatore Romano

Teman-teman pencinta PEN@ Indonesia, SELAMAT PASKAH. Secara khusus Paul C Pati dari PEN@ Indonesia menerjemahkan Pesan Paskah ‘Urbi et Orbi’ (untuk Kota [Roma] dan Dunia) berjudul ‘Christus surrexit, venite et videte (Kristus telah bangkit, datang dan lihatlah) dari Paus Fransiskus yang berdoa bagi berbagai persoalan di dunia ini. Pesan itu disampaikan dari balkon utama Basilika Santo Petrus kepada sekitar 150.000 umat beriman setelah Misa Paskah di Lapangan Santo Petrus 20 April 2014. Paus memohon bantuan Tuhan untuk mengatasi bencana kelaparan, melindungi kelompok rentan, merawat saudara-saudara yang sakit, menghibur orang-orang yang diculik dan yang meninggalkan tanah airnya, serta  mengakhiri semua perang dan setiap konflik.

Teks lengkap Pesan Paskah ‘Urbi et Orbi‘ dari Paus Fransiskus:

Saudara-Saudara, Selamat Paskah!

Gereja di seluruh dunia menggemakan pesan malaikat kepada para perempuan: “Jangan takut! Saya tahu bahwa kalian sedang mencari Yesus yang disalibkan itu. Dia tidak ada di sini; karena Dia telah bangkit … Mari, lihatlah tempat Ia berbaring” (Mat 28:5-6).

Ini adalah puncak dari Injil, itulah Kabar Gembira yang paling istimewa (par excellence): Yesus, yang disalibkan, telah bangkit! Peristiwa ini adalah dasar iman dan harapan kita. Jika Kristus tidak bangkit, agama Kristen akan kehilangan makna yang sebenarnya; seluruh misi Gereja akan kehilangan daya dorong, karena dari titik inilah misi itu pertama kali ditetapkan dan terus-menerus berlanjut. Pesan yang umat Kristen bawa ke dunia adalah ini: Yesus, Cinta yang menjelma menjadi manusia, mati di kayu salib untuk dosa-dosa kita, tetapi Allah Bapa membangkitkan-Nya dan menjadikan-Nya Tuhan atas kehidupan dan kematian. Dalam Yesus, cinta mengalahkan kebencian, kemurahan hati mengalahkan dosa, kebaikan mengalahkan kejahatan, kebenaran mengalahkan kepalsuan, kehidupan mengalahkan kematian.

Itulah sebabnya kami memberitahukan kepada semua orang: “Datang dan lihatlah!” Dalam setiap situasi manusia, yang ditandai kelemahan, dosa dan kematian, Kabar Gembira itu bukan hanya kata-kata saja, tetapi kesaksian tentang cinta sejati tanpa syarat: meninggalkan diri sendiri dan berjumpa dengan orang lain, mendekati mereka yang tertimpa masalah kehidupan, berbagi dengan mereka yang membutuhkan, mendampingi orang yang sakit, lansia dan orang yang terusir dari masyarakat … “Datang dan lihatlah!” Cinta itu lebih kuat, cinta memberikan kehidupan, cinta membuat harapan mekar di padang gurun.

Urbi et Orbi Blessing L'OR

Dengan kepastian yang menyenangkan  hati, hari ini kita berpaling kepada-Mu, Tuhan yang bangkit!

Bantulah kami mencari dan menemukan-Mu, untuk menyadari bahwa kita memiliki seorang Bapa dan kita bukanlah anak-anak yatim piatu; bahwa kita dapat mencintai dan memuja-Mu.

Bantulah kami mengatasi bencana kelaparan, yang diperburuk oleh konflik dan oleh pemborosan besar, yang sering menjadi tanggung jawab kami.

Mampukan  kami melindungi kelompok yang rentan, terutama anak-anak, kaum perempuan dan orang lansia, yang kadang-kadang dieksploitasi dan dibuang.

Mampukan kami merawat saudara-saudara kami yang dilanda wabah Ebola di Guinea Conakry, Sierra Leone dan Liberia, dan merawat mereka yang menderita begitu banyak penyakit lainnya yang juga tersebar melalui kelalaian dan kemiskinan yang parah.

Hiburlah semua orang yang tidak dapat merayakan Paskah ini bersama-sama orang-orang yang mereka cintai, karena secara tidak adil mereka dicabik dari orang-orang yang mereka kasihi, seperti banyak orang, para imam dan umat awam, yang diculik di berbagai belahan dunia.

Hiburlah mereka yang telah meninggalkan tanah air mereka untuk bermigrasi ke tempat-tempat yang menawarkan harapan untuk masa depan yang lebih baik dan kemungkinan menjalani kehidupan mereka dalam martabat dan, tak jarang, kemungkinan untuk hidup beriman dengan bebas.

Kami mohon kepada-Mu, Tuhan Yesus, untuk mengakhiri semua perang dan setiap konflik, baik besar atau kecil, yang sudah lama berlangsung atau yang baru-baru ini terjadi.

Kami berdoa secara khusus untuk Suriah, Suriah yang tercinta, agar semua yang menderita dari dampak konflik dapat menerima bantuan kemanusiaan yang diperlukan dan agar tidak ada pihak lagi yang akan menggunakan kekuatan mematikan, terutama terhadap penduduk sipil tak berdaya, sebaliknya berani menegosiasikan perdamaian yang sudah lama dinantikan dan sudah lama tertunda!

Yesus, kami memohon kepada-Mu untuk menghibur para korban tindak kekerasan perang saudara di Irak dan untuk mempertahankan harapan yang muncul dari dimulainya kembali perundingan antara Israel dan Palestina.

Kami mohon agar konflik di Republik Afrika Tengah berakhir dan serangan brutal teroris di beberapa bagian Nigeria serta tindak kekerasan di Sudan Selatan berhenti.

Kami meminta agar hati sanubari dipalingkan pada rekonsiliasi dan kerukunan persaudaraan di Venezuela.

Dengan kebangkitan-Mu, yang tahun ini kita rayakan bersama-sama dengan Gereja-Gereja yang mengikuti kalender Julian (Kalender Julius yang diberlakukan oleh Julius Caesar), kami memohon kepada-Mu untuk menerangi dan menginspirasi prakarsa-prakarsa yang meningkatkan perdamaian di Ukraina, sehingga semua pihak yang terlibat, dengan dukungan masyarakat internasional, akan berupaya keras untuk mencegah kekerasan dan, dalam semangat persatuan dan dialog, merencanakan langkah demi masa depan negara itu. Hari ini, semoga mereka dapat mewartakan, sebagai saudara dan saudari, bahwa Kristus telah bangkit, Khrystos voskres!

Tuhan, kita berdoa kepada-Mu untuk semua bangsa di bumi: Engkau yang telah mengalahkan kematian, karuniakanlah kami hidup-Mu, karuniakanlah damai-Mu! Christus surrexit, venite et videte!

Saudara-saudara terkasih, Selamat Paskah!

Misa Paskah

Tinggalkan Pesan