13841580105_0dab0f20a0_b

Sebelum berdoa Angelus di akhir Misa Minggu Palma di Lapangan Santo Petrus, Paus Fransiskus memberikan sambutan dan salam khusus kepada umat beriman.

Pertama-tama, Bapa Suci menyalami 250 delegasi yang mengikuti pertemuan berkaitan dengan Hari Kaum Muda se-Dunia (World Youth Days, WYD), yang terdiri dari uskup, imam, kaum religius dan awam. Pertemuan itu dilaksanakan oleh Dewan Kepausan untuk Kaum Awam.

Paus mengatakan, seperti dilaporkan oleh DCL dari Zenit.org tanggal 14 April 2014, bahwa dalam pertemuan itu persiapan pertemuan dunia berikut dimulai. WYD berikut akan berlangsung di Krakow, Polandia, bulan Juni 2016 dan akan mengambil tema “Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan” (Mat 5,7).

Paus Fransiskus menjelaskan, “Sebentar lagi kaum muda Brasil akan menyerahkan Salib WYD kepada kaum muda dari Polandia. 30 tahun yang lalu Beato Yohanes Paulus II menyerahkan salib itu kepada kaum muda. Dia meminta mereka untuk membawanya di seluruh dunia sebagai tanda kasih Kristus bagi umat manusia.”

Tanggal 27 April 2014, Paus Yohanes Paulus II bersama Paus Yohanes XXIII akan dikanonisasi menjadi orang kudus.

Paus Fransiskus mengatakan, “Yohanes Paulus II, yang memulai WYD, akan menjadi santo pelindung besar (great patron saint) WYD. Dalam persekutuan para kudus dia akan terus menjadi seorang ayah dan sahabat kaum muda di dunia.”

Paus lalu meminta semua beriman untuk berdoa kepada Tuhan. “Marilah kita memohon kepada Tuhan agar Salib itu, bersama dengan gambar Maria ‘Salus Populi Romani’ (keselamatan umat Roma) menjadi tanda harapan bagi semua orang dan memperlihatkan kepada dunia kasih Kristus yang tak terkalahkan,” kata Paus.

Sesaat kemudian, kaum muda dari Brasil menyerahkan salib itu kepada kaum muda dari Polandia.

Uskup Roma selanjutnya menyalami semua orang Roma dan para peziarah yang hadir. Secara khusus, Paus menyalami orang-orang yang datang dari Rio di Janeiro, Brasil, dan dari Krakow, Polandia, bersama dengan uskup agung-uskup agung dari kedua kota itu.

Paus Fransiskus mengatakan, “Dalam konteks ini, dengan sukacita saya mengumumkan bahwa, jika Tuhan berkenan, tanggal 15 Agustus di Daejeon, Republik Korea, saya akan bertemu dengan kaum muda dari Asia dalam pertemuan akbar benua mereka.”

Bapa Suci mendorong umat beriman untuk berpaling kepada Maria, sehingga dia bisa “membantu kita selalu untuk mengikuti teladan Yesus dengan iman.” (pcp)

13841579875_06588cc2a3_b

2 KOMENTAR

  1. penakatolik.com has potential, you can make your blog go viral easily using one tricky method. Just type in google:
    Kimting’s Method To Go Viral

Tinggalkan Pesan