Uskup Sodawa3

Setelah berhari-hari di rumah sakit karena radang paru-paru dan influenza, uskup pertama Keuskupan Agats, Papua, Mgr Alphonsus Augustus Sowada OSC meninggal dunia tanggal 11 Januari 2014 di Onamia, Minnesota, USA.

“Jasanya dalam membangun Keuskupan Agats dan Kabupaten Asmat tidak akan pernah dapat dilupakan. Kini beliau telah beristirahat dengan tenang setelah peziarahannya yang panjang. Selamat jalan Bapak Uskup. Doakan kami selalu,” kata Pastor Serafin Dany Sanusi OSC dari Keuskupan Bandung yang kini sedang belajar di Arizona, USA, dalam informasinya lewat Facebook.

Mgr Sowada yang meninggal di usia 60 tahun lahir di Avon, Colorado, Amerika Serikat, 23 Juni 1933. Dia ditahbiskan imam tanggal 31 Mei 1958. Tanggal 21 Agustus 1969, Vatikan mengumumkan pengangkatannya sebagai Uskup Agats. Tiga bulan kemudian, 23 November 1969, Keuskupan Agats berdiri.

Pada hari itu juga Pastor Alphonsus Sowada OSC ditahbiskan uskup, uskup pertama Keuskupan Agats, oleh Duta Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Joseph Mees.

“Visi Mgr Sowada ketika diangkat menjadi uskup adalah menjadikan orang Asmat 100% Katolik dan 100% Asmat,” lanjut Pastor Serafin Dany Sanusi OSC.Serafin Dany Sanusi OSC

Mgr Suwada OSC menjadi Uskup Agats hingga 9 Mei 2001. Dia mengundurkan diri sebagai uskup dan kembali ke Minnesota, USA, karena alasan kesehatan. Administrasi Keuskupan Agats-Asmat kemudian dijalankan oleh Vikaris Jendral Keuskupan Agats saat itu, Pastor Virgil Petermeier OSC.

Mgr Aloysius Murwito OFM diangkat menjadi uskup menggantikan Mgr Sowada tanggal 7 Juni 2002 dan ditahbiskan uskup tanggal 15 September 2002 oleh Uskup Agung Merauke Mgr Jacobus Duivenvoorde MSC, dengan salah satu pendamping penahbisnya adalah Mgr Sowada sendiri.

Mgr Sowada OSC adalah anggota Pro-Provinsi OSC Santa Odilia Amerika. Imam-imam dan bruder-bruder OSC dari provinsi itu datang ke Agats setelah terjadi  penandatanganan kontrak kerja antara Keuskupan Agung Merauke dengan Pro-Provinsi OSC Santa Odilia Amerika untuk secara khusus melayani daerah Asmat, tanggal 26 Februari 1958.

Empat misionaris OSC yang pertama tiba di ‘lumpur’ Asmat tanggal 15 Desember 1958 adalah Pastor  Frank Pitka OSC, Pastor Delmar Hesch OSC, Bruder Joseph DeLouw OSC dan Bruder Clarence Neuner, OSC. Tanggal 1 November 1961 terjadi peralihan resmi tanggung jawab misi di daerah Asmat. Uskup Agung Merauke Mgr Herman Tillemans MSC kemudian mengangkat Pastor Francis Pitka OSC menjadi Vicar Delegatus untuk daerah Asmat.

Tanggal 14 Desember 1966, Pastor Sowada OSC diangkat sebagai Vicarius Generalis untuk Asmat. Selanjutnya, tanggal 21 Agustus 1969, Vatikan mengumumkan pengangkatannya sebagai Uskup Agats.

Tanggal 17 November 1980, empat Crosier (OSC) dari Provinsi Sang Kristus Indonesia, Bandung, yakni Pastor Agustinus Made OSC, Pastor Yohanes Widyasuharjo OSC, serta yang waktu itu masih frater yakni Frater Agus Rachmat OSC dan Frater Bambang OSC, datang ke Agats membantu melayani Paroki Atsj dan Yaosakor.

Sejak Pastor Sowada ditahbiskan uskup, tulis Sejarah Keuskupan Agat, para Crosier di Asmat “terus-menerus mencari bentuk warta Injil yang tepat untuk pembangunan dan pengembangan masyarakat Asmat.” (paul c pati)***

Uskup Sowada

 

Foto-foto diambil dari the Asmat

1 komentar

  1. Mgr Alphonsus Augustus Sowada OSC meninggal dunia tanggal 11 Januari 2014
    Mgr Sowada yang meninggal di usia 60 tahun lahir di Avon, Colorado, Amerika Serikat, 23 Juni 1933.
    ???

Tinggalkan Pesan