34.1 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Suster Remia Catoera OP berterima kasih untuk bantuan Indonesia

BERITA LAIN

More

    IMG_2048dr Rita NayaSp.PD kepada PastorĀ Bienvenido OP

    Menanggapi terjangan Topan Haiyan atau Yolanda yang telah menewaskan ribuan orang dan merusak ratusan ribu rumah dan bangunan, Keluarga Dominikan Indonesia telah mengumpulkan uang dari mereka sendiri, dari fans Halaman Facebook Gereja Katolik https://www.facebook.com/gerejakatolik, dari umat berbahasa Indonesia dan Inggris dari Paroki Redemptor Mundi Surabaya, dan lain-lain.

    Uang dibawa ke Filipina dan diserahkan oleh Dokter Rita Naya Sp.PD dari doctorSHARE, yang datang bersama Paul C Pati dari PEN@ Indonesia http://www.penaindonesia.org/, kepada Pastor Bienvenido Trinilla OP, promotor aksi sosial. Menurut Pastor Bien, setengah sumbangan itu diberikan untuk sekolah dan biara Saint Anne Catholic School di Balasan, Iloilo.

    Yolanda telah merusak empat sekolah yang dijalankan para suster Santo Dominikus (OP) Most Holy Rosary Filipina, dua di Propinsi Capiz yakni Our Lady of Fatima Academy di Kota Dao dan Saint Martin Academy di Kota Dumalag, serta di Propinsi Iloilo yakni Eucharistic King Ā Academy di Sara dan Saint Anne Catholic School di Balasan. Sebagian dana juga diberikan untuk sekolah dan biara di Capiz.

    typhoon_yolanda_aftermath.st3_Ā Saint Anne Catholic School di Balasan

    ā€œTetapi sekolah kami yang paling rusak karena dinding sekolah roboh. Sekarang kami tak punya tempat lain bagi para murid memulai kembali pelajaran,ā€ kata kepala sekolah Saint Anne Catholic School Suster Maria Remia Catoera OP kepada PEN@ Indonesia yang menemuinya di Iloilo, 24 November 2013.

    Dijelaskan, hampir semua atap biara di Balasan Ā hancur, dan kini mereka sedang terus memperbaiknya, seraya bersyukur kepada Tuhan karena tidak semua biara itu rusak. Mereka juga berterima kasih kepada Tuhan dan kepada semua orang yang berbaik hati mau menolong mereka membangun kembali atau merenovasi sekolahnya yang rusak total.

    IMG_2631Ā Suster Maria Remia Catoera OP

    Suster Remia Catoera mengatakan, ā€œTerima kasih untuk untuk orang Indonesia yang terus-menerus menolong kami, memberi kami bantuan spiritual dan finansial. Terima kasih banyak untuk bantuan yang disalurkan lewat Keluarga Dominikan Indonesia. Kami orang Filipina sangat berterima kasih. Kami para Suster Dominikan sangat berterima kasih atas bantuan kalian.ā€

    Sudah banyak bantuan makanan datang dari berbagai negara, kata suster itu. ā€œYang paling kami dan masyarakat di sini butuhkan adalah membangun kembali atau renovasi rumah yang hancur,ā€ katanya.

    Mengalami bencana itu, Suster Remia Catoera menegaskan bahwa Ā percaya Ā semua berasal dari Tuhan dan Ā Tuhan yang memberi dan Tuhan pula yang mengambil. Dia pun percaya bahwa Tuhan tetap ada di saat bencana itu terjadi.

    IMG_2247

    ā€œApa yang terjadi dalam kehidupan mengingatkan kita bahwa Allah tetap lebih kuat daripada topan, lebih kuat daripada topan super. Dalam kehidupan, kita selalu bergantung kepada Allah karena semua datang dari Allah,ā€ kata suster seraya bercerita bahwa tanpa harus meminta-minta orang-orang datang memberikan apa mereka butuhkan. ā€œItu berarti Allah tetap memberikan apa yang kita butuhkan saat mengalami pengalaman luar biasa ini.ā€

    Suster Remia Catoera sedih melihat sesama yang kehilangan rumah dan harta bendanya. ā€œTentu saya sangat kasihan melihat para korban. Tetapi saya yakin jauh di dalam dirinya masih ada kenyataan bahwa mereka tidak kehilangan harapan, masih punya iman yang kuat, masih mengandalkan Tuhan. Orang Filipina memiliki iman yang kuat akan Allah. Kami tahu, Allah tetap melengkapi yang kami butuhkan.ā€

    Yang pasti, dengan penuh kepercayaan akan bantuan Tuhan, sekarang suster itu sedang berupaya agar bisa mulai memberikan pelajaran kepada anak-anak didik yang kini kehilangan tempat untuk belajar.

    IMG_2581Ā Penghargaan dan terima kasih untuk Indonesia

    Sebagian dana juga diberikan oleh Pastor Bien kepada Pusat Aksi Sosial Keuskupan San Jose de Antique. Uskup San Jose de Antique Mgr Mgr Jose Romeo Orquejo Lazo DD dan ketua pusat aksi sosial itu Pastor Edione R Febrero Pr mengucapkan juga banyak terima kasih untuk sumbangan yang diberikan oleh orang Indonesia yang telah dibawa oleh doctorSHARE dan Keluarga Dominikan Indonesia. Piagam penghargaan untuk Dominikan Awam Indonesia dan semua donatur dari Indonesia, yang juga ditandatangani Uskup San Jose de AntiqueĀ Mgr Jose Romeo Orquejo Lazo DD, diberikan oleh Pastor Edione kepada Pastor Bien.

    doctorSHAREĀ Ketua doctorSHARE dr LieĀ Dharmawan lakukan operasi kecil

    Sebanyak 13 dokter dari doctorSHARE Indonesia dan dua relawan melakukan misi medis dan relief operation di dua tempat terpisah di Tibiao, 25-27 November 2013.***

     

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI