19 imam baru

Disaksikan oleh Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ, sebanyak 19 orang diakon ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr dalam perayaan Ekaristi di Gereja Paroki Santo Yosep Pekerja Penfui Kupang, 23 Oktober 2013.

Dalam homili, Mgr Sudarso menegaskan bahwa pilihan menjadi imam dalam tradisi Gereja Katolik dewasa ini “merupakan sebuah keberanian, karena imam-imam tersebut hadir pada saat manusia sudah mulai melupakan Tuhan sebagai sang pencipta.”

Oleh karena itu, uskup agung itu berterima kasih kepada orangtua yang telah merelakan putra-putranya menjadi imam di tengah zaman yang serba canggih yang membuat “manusia sudah lupa akan Tuhan sebagai penciptanya.”

Puluhan imam, keluarga para imam baru dan sekitar 4000 umat dari berbagai paroki di Keuskupan Agung Kupang menghadiri tahbisan 5 imam diosesan Keuskupan Agung Kupang, 4 imam Kongregasi Klaretian (CMF), dan 10 imam Kongregasi Serikat Sabda Allah (SVD) itu.

Menyaksikan acara tahbisan yang begitu meriah, Mgr Sudarso merasa sangat berbangga dan merasa seperti berada di sebuah negara Katolik, karena kondisi di wilayah keuskupannya heterogen dan umat Katolik menjadi kaum  minoritas.

Mgr Sudarso berharap para imam yang tertahbis dapat keluar dari dirinya dan membuka diri bagi kehadiran Tuhan demi mewujudkan pelayanan kepada umat, agar bisa “menjadi hamba yang setia dan bijaksana” sebagaimana tema tahbisan yang diusung.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi seorang imam, antara lain “selalu dekatkan diri dengan Allah melalui doa, penyerahan diri secara total, selalu siap sedia dan berjaga serta selalu berusaha mencari Tuhan,” tegas uskup agung itu.

Imam-imam yang ditahbiskan adalah Pastor Herman Yoseph Neno Dulo Poylado Pr, Pastor Marselinus G Soge Pr, Pastor Yustinus Nyongky Fernandez Pr, Pastor Andreas Jerycho Alo’a Pr, Pastor Yulianus Efu Pr, Pastor Anselmus Sengga CMF, Pastor Yohanes (dari Salib) Jeramu CMF, Pastor Mansentus Jemarut CMF, Pastor Alexius Kedi CMF, Pastor Matias Aparicio Lourdes da Costa SVD, Pastor Antonius Binsasi SVD, Pastor Hans Dedyanto Ton SVD, Pastor Servinus Haryanto Nahak SVD, Pastor Yohanes Lopo Loin SVD, Pastor Kristoforus Nak Mau SVD, Pastor Oktovianus Rikenelson Tami Obe SVD, Pastor Kamilus Seran SVD, Pastor Yos Herman Kurniawan Soda Nango SVD, dan Pastor Yohanes Timor SVD. ***