Kanonisasi

Dalam konsistori pertama yang diselenggarakan di Ruang Konsistori, Vatikan, 30 September 2013, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa kanonisasi Beato Yohanes Paulus II dan Beato Yohanes XXIII akan diselenggarakan di Roma pada hari Minggu tanggal 27 April 2014, Minggu Kedua Paskah yang juga merupakan  Minggu Kerahiman Ilahi.

Dalam perjalanan pulang dari Hari Kaum Muda se-Dunia di Rio de Janeiro, Bapa Suci menunjukkan bahwa Minggu Kerahiman Ilahi sebagai tanggal mungkin ditetapkan sebagai hari kanonisasi itu. Paus menyatakan bahwa kanonisasi di musim dingin akan menyulitkan kehadiran para peziarah. Ratusan ribu peziarah, terutama dari Polandia diperkirakan akan menghadiri kanonisasi itu.

Beberapa bulan lalu, Bapa Suci membuka jalan bagi kanonisasi Beato Yohanes XXIII, dengan menyetujui proses tanpa perlu mujizat kedua.

Mujizat pertama yang dikaitkan dengan Yohanes Paulus II adalah penyembuhan ajaib dari seorang biarawati Perancis yang menderita Parkinson parah dan tak bisa disembuhkan. Keajaiban kedua yang diperlukan untuk kanonisasinya yang telah disetujui adalah penyembuhan seorang wanita warga Kosta Rika yang menderita aneurisma otak.***