Pope

Hari Kamis, 8 Agustus 2013, Paus Fransiskus mengeluarkan Motu Proprio untuk pencegahan dan penanggulangan pencucian uang, pendanaan terorisme dan penyebaran senjata pemusnah massal. Komitmen Tahta Suci itu menguatkan Motu Proprio yang dikeluarkan Benediktus XVI,  30 Desember 2010, untuk mencegah dan melawan aktivitas ilegal di bidang keuangan dan mata uang.

Secara khusus, Motu Proprio saat ini memperluas penerapan hukum Vatikan yang relevan terhadap dikasteri-dikasteri Kuria Romawi dan lembaga-lembaga serta entitas-entitas yang bergantung pada Tahta Suci, serta organisasi-organisasi non-profit yang memiliki sifat yuridis dalam hukum kanon dan berbasis di Negara Kota Vatikan.

Motu Proprio itu juga memperkuat fungsi pengawasan dan regulasi dari Otoritas Informasi Keuangan, demikian  L’Osservatore Romano.

Motu Proprio itu menetapkan fungsi pengawasan terhadap entitas-entitas yang biasanya terlibat dalam kegiatan keuangan, dalam menanggapi rekomendasi Komite MONEYVAL dari Dewan Eropa, dan memberikan fungsi itu kepada Otoritas Informasi Keuangan.

Motu Proprio itu membentuk Panitia Keamanan Keuangan, yang statutanya dilampirkan di dalamnya. Maksudnya untuk mengkoordinasikan wewenang kompeten dari Tahta Suci dan Kota Negara Vatikan di bidang pencegahan dan penanggulangan pencucian uang, pendanaan terorisme dan penyebaran senjata pemusnah massal.***