WYD ke-28

Paus Fransiskus kembali mengunjungi Paus Emeritus Benediktus XVI. Kunjungan kali ini, seperti dilaporkan Radio Vatikan tanggal 19 Juli 2013, untuk memohon doa restu dan dukungan rohani paus emeritus itu bagi dirinya dalam perjalanan ke Brasil dan bagi semua kaum muda yang akan mengikuti Hari Kaum Muda se-Dunia (WYD) di Rio de Janeiro, seperti yang ditetapkan oleh Paus Benediktus.

Dalam pertemuan itu, Paus Fransiskus memberikan kepada Benediktus XVI buku acara perjalanannya serta peristiwa-peristiwa yang akan disiarkan di Italia, agar paus emeritus itu bisa mengikuti secara rohani dan secara langsung transmisi berbagai acara.

Benediktus XVI memastikan akan berdoa bagi Paus Fransiskus, sambil mengisahkan pengalaman-pengalaman indah dan berharga yang dialaminya saat menghadiri WYD di Cologne, Sydney dan Madrid.

Garis besar jadwal perjalanan pertama yang akan dilakukan Paus Fransiskus keluar dari Italia:

Paus akan berangkat dari Airport Ciampino Roma tanggal 22 Juli 2013 pukul 08:15 dan akan tiba di Rio de Janeiro sekitar pukul 4:00 (waktu setempat). Upacara penyambutan akan berlangsung satu jam kemudian di taman-taman Istana Guanabara, pusat pemerintahan negara. Paus akan diterima di situ oleh Presiden Republik Brasil.

Sampai Rabu, 24 Juli, Bapa Suci akan tinggal di Sumare Residence di Rio de Janeiro. Pagi hari itu, pukul 8:15, Paus akan melakukan perjalanan dengan helikopter ke Tempat Ziarah Our Lady of Aparecida dan  merayakan Misa di situ. Setelah makan siang dengan para uskup dan seminaris dari provinsi di Seminari Misionaris Bom Jesus, Paus akan kembali ke Rio de Janeiro dengan helikopter. Malam itu Paus akan mengunjungi Rumah Sakit Santo Fransiskus dari Assisi Penyelenggaraan Ilahi.

Hari Kamis, 25 Juli, Paus akan menerima kunci-kunci kota Rio de Janeiro dan akan memberkati bendera Olimpiade di City Palace. Pagi itu, Paus akan mengunjungi sebuah komunitas di Varginha (lingkungan Manguinhos dari Rio de Janeiro utara). Malam itu akan ada upacara penyambutan yang dilakukan oleh kaum muda sepanjang pantai Copacabana.

Hari Jumat, 26 Juli, pukul 10.00, Paus akan mendengar pengakuan dosa dari beberapa kaum muda peserta WYD di Quinta da Boa Vista Park. Pada pukul 11:30, Paus akan bertemu dengan beberapa tahanan remaja di Istana Uskup Agung yang bernama Santo Yohakim. Dari balkon tengah istana itu, Paus akan berdoa Angelus di siang hari. Pukul 12:15, Paus menyalami panitia pelaksana dan pelindung WYD ke-28 kemudian makan siang bersama sekelompok kaum muda, masih di Istana Uskup Agung. Pukul 18.00, akan diadakan Jalan Salib (Via Crucis) bersama kaum muda sepanjang pantai Copacabana.

Hari Sabtu, 27 Juli, acara WYD ke-28 akan dibuka dengan Misa yang dirayakan bersama para uskup dan imam, religius, dan frater di Katedral Santo Sebastianus Rio de Janeiro. Setelah itu, Paus akan bertemu para pemimpin Brasil di Teater Kota. Segera setelah pertemuan itu berakhir, Paus akan makan siang dengan kardinal Brasil, ketua Konferensi Waligereja Brasil, uskup-uskup dari daerah itu, dan rombongan kepausan, di ruang makan Pusat Studi Sumare. Pukul 19:30 akan diadakan doa malam bersama kaum muda di Kampus Fidei, Guaratiba.

Hari Minggu, 28 Juli, Paus akan merayakan Misa untuk WYD ke-28 di Kampus Fidei. Sore itu, Paus akan bertemu dengan panitia pelaksana CELAM (Dewan Uskup Amerika Latin) di Pusat Studi Sumare. Bapa Suci akan meninggalkan Sumare sesaat sebelum pukul 17.00 untuk menemui para relawan WYD dan, pukul 18:30, upacara perpisahan dengan Paus akan berlangsung di Bandara Internasional Galeao-Antonio Carlos Jobim. Paus akan lepas landas dari Rio de Janeiro pukul 19:00 dan pesawatnya akan mendarat di Roma hari Senin, 29 Juli, sekitar pukul 11.30.***