RD Yohanes Harun Yuwono, terpilih sebagai Uskup Tanjungkarang, Warta Gereja Keuskupan Tanjungkarang

 

Sesuai laporan Vatican Information Service (VIS) tanggal 19 Juli 2013 dari Kota Vatikan, pada hari ini Bapa Suci mengangkat Pastor Yohanes Harun Yuwono Pr, imam dari Pangkalpinang sebagai Uskup Tanjungkarang.

Sesuai data dari Vatikan, imam yang saat ini sedang bertugas sebagai rektor di Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Pematangsiantar itu akan memimpin wilayah keuskupan seluas 35.288 kilometer persegi di mana tinggal sebanyak 7.489.000 penduduk, 72.797 di antaranya beragama Katolik dengan imam sebanyak 53 orang dan biarawan-biarawati sebanyak 239 orang.

Uskup terpilih itu lahir di Desa Wates Way Ratai, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung, 4 Juli 1964, dan ditahbiskan imam tahun 1992. Pemegang diploma Islamologi dari Institut Kepausan Studi Arab dan Islam, Roma, itu telah menjabat sejumlah peran pastoral di Paroki Santa Perawan Maria Pengantara Segala Rahmat Sungailiat di Bangka, ketua sekretariat pastoral keuskupan di Pangkalpinang, guru tentang Islam di Institut Filsafat dan Teologi Santo Yohanes di Pematangsiantar.

Pastor Harun Yuwono juga bertugas sebagai Sekretaris Seksi Seminari Tinggi dari Komisi Seminari Konferensi Waligereja Indonesia.

Pastor Harun Yuwono akan menggantikan Uskup Andreas Henrisusanta SCJ yang pensiun tanggal 6 Juli 2012. Sejak saat itu tahta Keuskupan Tanjungkarang kosong dan Uskup Agung Aloysius Sudarso SCJ menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Tanjungkarang.***